BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Tuesday, October 7, 2008

Isinya Lebih DAHSYAT dari Judulnya

Planet B-Boy
Directed by: Benson Lee
Duration: 101 min

Semenjak 1995, sebuah kompetisi internasional bernama Battle of the Year diadakan di Eropa setiap tahunnya, mengundang para b-boys (breakdancer) dari 18 negara untuk menunjukkan kemampuan mereka, membuktikan bahwa Hip-hop bukan sekedar budaya ikut-ikutan, gaya-gayaan yang bernuansa hedonisme. Kompetisi yang positif ini pasti tidak pernah anda dengar, sampai dengan kamu membaca review ini kan?

Tumbuh pada tahun 70-an di Amerika, Breakdance dan budaya hiphop telah berkembang jauh meninggalkan benua tersebut, mempengaruhi generasi muda di seluruh penjuru planet bumi. Di era 80-an budaya ini dieksploitasi habis-habisan setelah digambarkan dalam film Flashdance dan Breakin. Mendadak semua orang di seluruh dunia melakukan breakdance. Di Indonesia sendiri remaja-remaja berkutat dengan aksesori dan gaya standar patah-patah, sampai-sampai dibuat dua film Gejolak Kawula Muda dan Tari Kejang. Lalu secepat itu trend menyebar, secepat itu pula trend break dance menghilang.

Film Planet B-Boy ini memberikan kesegaran yang sama sekali tak terduga. Sebuah film dokumenter yang rapi dan apik, Planet B-Boy menyingkap sebuah dunia yang seringkali salah dipahami atau jarang sekali diketahui orang, dunia hip hop dan para Breakdancer. Ternyata break dance tidaklah mati. Meskipun budaya hip-hop yang terus bertahan dan berkembang hingga sekarang mengalami penyempitan, break dance tetap hidup dalam semangat independennya, sama seperti sebelum ia dieksploitasi di tahun 80an.

Cool!
Terusannya bisa dibaca setelah klik di sini

1 comment:

Unknown said...

Wah MANTAP neh,,,,
Seru euy!!!
Thx infonya Bro!!!