BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Monday, March 2, 2009

Maret, Bulan Film Nasional Indonesia


Bulan Maret sudah datang! Apa yang istimewa dari bulan ini?

Mungkin masih banyak yang belum tahu, tapi tanggal 30 Maret adalah hari film Nasional. Ditetapkannya penggunaan tanggal tersebut berasal dari hari pertama syuting film Doa dan Darah, 30 April 1950, yang menurut catatan sejarah dianggap sebagai film Indonesia pertama. Doa dan Darah dibuat oleh perusahaan film Indonesia (PERFINI), disutradarai oleh pelopor perfilman Indonesia, Usmar Ismail, dan dibintangi oleh orang-orang Indonesia.

Untuk menyambut datangnya tanggal 30 Maret ini, Dewan Kesenian Jakarta menggelar Bulan Film Nasional yang rangkaian acaranya berupa pemutaran film, pameran sejarah bioskop, dan penggalangan dana untuk upaya pelestarian arsip film-film Indonesia dari jaman dulu hingga sekarang.

Yang sangat menarik untuk pecinta film tentunya adalah acara screening film-film Indonesia dalam program "Sejarah adalah Sekarang 3" yang digelar DKJ melalui Kineforum, bekerjasama dengan lembaga lainnya. Dipertunjukkan tanggal 1 - 31 Maret di Kineforum dan Komunitas Salihara, screening film tersebut gratis dan bisa dihadiri oleh siapa saja!

Lebih lanjut, klik di sini.

No comments: