BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Wednesday, March 11, 2009

Minimnya Kisah Laut di Negeri Bahari


Indonesia negeri bahari, tapi anehnya sedikit sekali film Indonesia yang mengisahkan tentang laut atau berlatar belakang laut. Kalaupun ada, biasanya tidak jauh dari pantai, dan bersifat hanya sekedar aksesori saja.

Dalam film Pasir Berbisik, memang syutingnya dilakukan di pantai selatan Jawa Tengah, tetapi dalam film dikisahkan latarbelakangnya adalah di wilayah pegunungan di Jawa Timur. Banyu Biru menampakkan adegan Tora Sudiro berperahu, namun unsur laut tetap tidak dominan dalam film ini. Film berjudul Ruang yang dibintangi Winky dan Luna Maya, bersettingkan sebuah pulau, dan kedua tokoh utamanya sering diperlihatkan berbincang di pantai atau di tepi danau. Dalam cerita Ca Bau Kan ada bagian di mana tokoh Tan Peng Liang yang diperankan Ferry Salim menjadi penyelundup melalui jalur laut, tapi yang diperlihatkan hanyalah bagian saat Tan Peng Liang mendarat di pantai. Saus Kacang berlatar pulau Bali dengan sesekali pantai-pantai Bali sebagai aksesori kisah cinta antara Ahsraff dan Bunga Citra Lestari.

Posisi laut dalam film-film tersebut jelas tak bisa dibandingkan dengan laut dalam film-film asing, Waterworld yang berlatarkan dunia paska kiamat, Pirates of the Caribbean yang berkisah tentang bajak laut nyentrik, JAWS dan Deep Blue Sea yang menumbuhkan phobia pada hiu, dan tak terhitung film-film bencana mulai dari yang romantis macam Titanic, hingga yang mencekam seperti U-571 atau The White Squall.

Baca lebih lanjut di sini.

No comments: