BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Friday, June 6, 2008

Bangga Tetapi Gelisah

Tahun ini Indonesia membuka dua stand di Marché Du Film di festival Cannes. Satu stand Pojok Indonesia yang dibiayai oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI. Dan keluarga Punjabi datang mengawal booth MD Pictures yang letaknya tak jauh dari Pojok Indonesia.


Pojok Indonesia menjual 21 film, booth MD 8 film produksinya. Jadi secara keseluruhan ada 28 film Indonesia dijual di pasar Cannes. Film-film ini antara lain Ayat-Ayat Cinta, Nagabonar Jadi 2, Mereka Bilang Saya Monyet, Love is Cinta, Lost in Love, Get Married, Kala, Hantu Stasiun Manggarai, Hantu Ambulance, 40 Hari Bangkitnya Pocong, Heart, dan Selamanya. Selain itu ada juga film yang dibawa produser independen semacam Shanty Harmayn yang membawa sendiri filmnya The Photograph.


Yang lebih spektakuler adalah iklan film Ayat-Ayat Cinta yang muncul di majalah Variety, Screen selain posternya yang nampak di sana-sini di Cannes. Dalam iklan majalah itu gambar poster AAC ditemani kalimat "A Beautifully Portrayed Islamic Love Story, Highest Grossing Film In Indonesian Cinema History", dan "The No.1 Hit Movie That Broke All Time Records."
Semua ini membuat muncul perasaan campur aduk dalam dada, gelisah di bawah bayang-bayang hebohnya kampanye peringatan satu abad hari Kebangkitan Nasional.
Lalu tadi pagi saya menemukan ini dan entah kenapa rasanya jadi gembira dan sangat bersemangat.

No comments: