BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Sunday, June 29, 2008

Taken: Ledakan Murka Ayah

Dear Readers,
Nama Pierre Morel bisa jadi asing bagi kita, tapi tentunya pernah dengar nama Luc Besson, sutradara film La Femme Nikita, dan juga Fifth Element. Cerita yang ditulis oleh Luc Besson bersama Robert Mark Kamen ini dibesut dengan baik oleh Pierre Morel. Plot ceritanya sangat biasa namun penceritaanya lebih dari sekedar film aksi berbau espionase.

Liam Neeson sangat pas memerankan Bryan, lelaki paruh baya yang nampak biasa-biasa namun sebetulnya menyimpan masa lalu yang cukup kelam. Putri Bryan yang sudah remaja meminta izin liburan ke Eropa hanya dengan sahabat karibnya. Berat hati sekali Bryan membolehkan Kim pergi.

Ternyata firasat Bryan benar. Sesampainya di Perancis, Kim dan sahabatnya diculik oleh mafia Albania dan hendak dijual sebagai pelacur.

Dari sinilah aksi sesungguhnya dimulai. Masa lalu Bryan yang kelam itu adalah profesinya sebagai agen rahasia. Walaupun sampai akhir tidak jelas agen rahasia dari badan apa dan di mana, namun keahlian yang dimiliki Bryan rupa-rupanya sangat mengerikan. Ibarat pepatah membangunkan Singa tidur, ketika si penculik mencemooh permohonan Bryan untuk mengembalikan putrinya, hal ini sepertinya justru melepas monster dalam dirinya, yang tidak akan berhenti sampai putrinya selamat kembali ke rumah.

Dalam skala satu sampai sepuluh aksi dalam film ini mungkin bisa masuk kategori 8. Tentunya jangan membandingkan dengan gelegar gempita Incredible Hulk, walaupun skala kemurkaan yang dipertunjukkan Liam Neeson untuk peran Bryan mungkin setara dengan kemurkaan yang dipertunjukkan oleh Tim Roth untuk peran Emil Blonsky.

Dalam hal kemuraman cerita saya jadi ingat trilogi Bourne, walaupun memang Taken masih berkisah dalam plot yang sederhana. Film ini cocok untuk pacaran karena bahkan cewek pun masih bisa menikmati sisi dramatis dari film aksi ini. Hanya di blitzmegaplex.
Thank you, Reader.

No comments: