BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Friday, June 6, 2008

Film Olahraga Indonesia

Saya baru benar-benar sadar tadi malam, Indonesia belum pernah punya film bagus yang benar-benar didedikasikan untuk olahraga. Paling-paling yang diingat orang adalah Gadis Maraton-nya Yenny Rahman. Itu pun film jaman urdu, yang tidak dikenal generasi jaman sekarang. Kadang-kadang atlet terkenal jadi cameo dalam film (atau bikin album pop macam Hastomo Arbi di tahun 80'an) tapi filmnya bukan film olahraga (dan lagunya Hastomo Arbi juga bukan lagu olahraga).

Hollywood punya banyak film yang bertema olahraga: Space Jam, Any Given Sunday, Mighty Ducks yang dibuat hingga trilogi, Ali, Million Dolar Baby, Rocky yang dibuat sampai entah IV atau V, Jerry Maguire, Remember the Titans, Fever Pitch, hingga Maradona the Hand of God yang akan diputar di blitzmegaplex tanggal 28 Mei ini.

Film-film sport Holywood tersebut menggarap tema yang cukup luas mulai dari cinta, drama, komedi, sampai dengan biopic alias film yang mengisahkan tentang satu legenda olahraga. Dan film-film ini diminati oleh penonton Internasional termasuk hingga di Indonesia.

Saya mencari-cari jawaban kenapa tema Olahraga di Indonesia tidak menarik para pembesar perfilman untuk diolah menjadi mesin uang (baca: film laku). Padahal, sebetulnya dari pangsa pasar Indonesia cukupBangsa ini suka olahraga. Lihat saja stadion olahraga yang penuh dengan pendukung saat tim nasional berlaga. Dengarkan saja lagu Badminton yang liriknya "Badminton di mana-man, di Kampung dan di Kota."

Atlet-atlet Indonesia juga banyak kok yang membanggakan. Banyak yang kehidupannya dramatis, dan romantis juga ada, misalnya Susi Susanti dan Alan Budikusuma, Chrisjon dan istrinya yang atlet Wushu itu. Bisa juga membahas soal tim bola Indonesia yang tertampar berkali-kali... tapi mungkin yang ini harus tunggu sampai timnas kita menang baru bisa dibikin film dengan semangat patriotisme tinggi ya.

Film dokumenter the Jak dan The Conductor bisa juga dipandang sebagai pembuka mata bahwa sebetulnya olahraga itu sudah demikian mendarah daging dalam diri penduduk negara Republik Indonesia ini, sehingga akan selalu ada ketertarikan untuk mengapresiasi film bertema olahraga.
Ini dia yang menurut saya harus segera dibuat filmnya: Biopic Ellyas Pical!

No comments: