BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Sunday, June 29, 2008

Get Smart: Ini Memang Bukan Johnny English

Dear Readers,
Walaupun Get Smart ini sebetulnya diangkat dari seri film aksi komedi berjudul sama yang populer di tahun 1960an, jangan cemas kalau merasa tidak mengenalinya. Serial tersebut pernah sejenak ditayangkan TVRI di awal tahun 80an, tapi sepertinya kalah kondang dengan Hunter atau Manimal atau The A Team.

Memasang Steve Carell sebagai Maxwell Smart si agen rahasia yang antara tolol dan kikuk, berpasangan dengan Anne Hathaway sebagai Agent 99 yang cantik dan serba bisa, film ini menjanjikan kelucuan yang tidak separuh-separuh.

Ceritanya juga sebetulnya tidak terlalu rumit, Maxwell Smart sebetulnya adalah pekerja di belakang meja untuk sebuah badan penangkal kejahatan bernama CONTROL. Kejahatan yang dimaksud adalah si musuh bebuyutan, badan penyebar kekacauan bernama KAOS. Suatu hari semua identitas agen lapangan CONTROL tersingkap, yang artinya agar tidak ketahuan saat berusaha menghentikan KAOS, sang Chief (Alan Arkin) harus mengirim orang baru.

Max yang culun mendapat predikat Agen 86, dipasang berdampingan dengan Agen 99 yang selamat dari penyingkapan identitas karena dia baru saja operasi plastik total. Dari sini saja sudah lucu... misalnya kita jadi ragu apakah si Agen 99 ini betulan cewek atau tadinya cowok? Sudah begitu pemerannya adalah Anne Hathaway yang cantik, dan kelihatan keren sekali di film ini karena melakukan berbagai aksi dengan sepatu hak tinggi.

Jangan menyamakan film ini dengan Johnny English yang merupakan spoof James Bond-nya Ian Flemming, karena Maxwell Smart bukan orang Inggris, dan dia bukan womanizer seperti halnya Bond. Smart a la Carell juga tidak sepenuhnya ceroboh seperti halnya English, tetapi memang belum terbiasa beraksi di lapangan karena sebelumnya ia hanya ahli analis semi kutu buku yang duduk terus di belakang meja. Kalau aksi ceroboh English kadang membuat kita jengah dan malu karena masih terasa tipikal Mr. Bean, Smart yang lebih polos membuat kita iba, oh... hanya sedikit... selebihnya kita hanya akan tertawa terbahak-bahak atau minimal nyengir.
Peter Segal sang sutradara film adalah veteran film-film Adam Sandler antara lain "The Longest Yard," "50 First Dates" dan "Anger Management". Tema komedi bukan apa-apa untuknya. Yang asik, adegan aksi dalam film ini berhasil dibesutnya dengan baik.

Patut diperhatikan akting Dwayne Johnson alias the Rock yang memerankan Agen 23, agen lapangan yang keren dan menjadi panutan Maxwell Smart. Film ini menambah poin bagus untuk CV the Rock dalam dunia akting. Perhatikan juga munculnya Masi Oka, si Hiro Nakamura-nya Heroes.
Film yang sangat menghibur untuk dinikmati di saat suntuk atau di akhir pekan.
Thank you, Readers.

No comments: