BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Monday, July 7, 2008

Hancock: Komedi Hitam, Bukan SARA, Meski Pahit Tetap Lucu

Ada film tentang super hero, ada film plesetan tentang super hero, dan film ini masuk ke plesetan dengan nuansa semi sinis.

Hancock adalah seorang lelaki tidak lagi muda, pengangguran dan pemabuk. Yang membuat Hancock tidak biasa adalah kekuatan supernya: bisa terbang, tahan peluru, persis seperti Superman. Selain itu... ia berkulit hitam. Karakter utama yang merupakan kebalikan stereotip karakter super hero pada umumnya (Kecuali Green Lantern yang juga digambarkan sebagai seorang Afrika - Amerika).


Hancock tidak sepenuhnya jahat, tapi bisa dibilang ia terlalu cuek dan menyebalkan. Ia masih mau menolong orang dengan kekuatan supernya, tetapi biasanya upaya penyelamatan berbuah kehancuran besar apalagi kalau dia sedang mabuk, sehingga orang-orang membenci Hancock.


Suatu hari ia menyelamatkan seorang pria yang ternyata seorang Publicist alias Juru Bicara. Ray (Bateman) begitu terkesan dengan Hancock, menawarkan diri untuk menjadi juru bicara Hancock. Ray bercita-cita "menyelamatkan" Hancock dengan mengubah citranya menjadi pahlawan super idaman semua orang. Langkah pertama adalah membuat Hancock membayar atas semua kerusakan yang ia buat dengan menyerahkan diri ke polisi. Pendeknya upaya pembersihan nama baik ini berbuah sukses.


Tetapi ternyata kerja sama Ray dan Hancock ini tidak berkembang ke arah yang baik seperti yang kita perkirakan. Saat Ray memperkenalkan Hancock pada istrinya Mary (Theron), dan mendadak kita diberi penjelasan tentang asal muasal kekuatan Hancock dan juga hubungan antara Hancock dengan Mary yang lebih jauh dari yang Ray, ataupun penonton duga.


Will Smith tentunya bagaikan jaminan mutu, tetapi dipasangnya Charlize Theron dan Jason Bateman lah menambah kekuatan akting dalam film ini. Yang patut diberi perhatian ekstra adalah Eddie Marsan yang memerankan tokoh penjahat sinting sebagai katalis plot cerita.


Sebagai sebuah film dark comedy, film ini seperti berada di antara Iron Man dan the Dark Knight. Plot ceritanya cukup rumit, penuh kejutan, dan lumayan gelap. Porsi eksyennya cukup menggemparkan dengan skala kehancuran yang besar mengingatkan kita pada Transformers dan The Incredible Hulk, dan bagian lucunya juga mengundang tawa lepas. Dari segi hiburan, film ini dijamin akan membuat puas.

No comments: