BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Monday, July 7, 2008

Wanted: Saat Keinginan Beradu dengan Kenyataan


Tak hanya Borat yang membawa nama harum bagi Kazakhstan, tengoklah sang sutradara Timur Bekmambetov. Namanya memang antik, tak banyak yang tahu tentang dia atau bahwa dia tidak seperti Borat yang asli rekaan, tapi karya pertamanya untuk Hollywood tidak bisa dianggap remeh.

Sekitar setengah jam pertama film WANTED, kita cuma diberi kesempatan untuk tarik nafas sebentar sebelum langsung mencebur dalam adegan aksi tembak-menembak dan kejar-kejaran mobil berkecepatan tinggi, peluru berhamburan seperti hujan, ledakan dan kerusakan beruntun yang menakjubkan.

Menonton hanya dengan berharap mendapatkan aksi, kita akan dikejutkan karena cerita yang menyertai rentetan aksi itu cukup rumit, walaupun pemerhati cermat akan bisa menebak puntiran cerita menjelang ending.

Tokoh utamanya adalah Wesley Allan Gibson (James mcAvoy) yang berada di perbatasan antara biasa-biasa saja dan pecundang. Di kantor kerjanya seperti robot, hubungan sosialnya buruk, pacarnya selingkuh dengan teman kerjanya, dia tidak punya tujuan hidup yang berarti. Sampai kemudian muncul cewek seksi bernama Fox (Angelina Jolie) yang mengatakan Wes punya seorang ayah yang sebetulnya pembunuh bayaran palig jagoan, tapi sudah mati dibunuh musuhnya. Siapa sih yang nggak ingin didekati cowok / cewek keren dan diberi tahu, "Hey, hidup kamu ini, seluruhnya itu bohongan! Sebetulnya kamu itu lebih keren dari ini lho."


Seperti Wes, kita mungkin akan lantas bersedia direkrut oleh The Fraternity, bertemu dengan pimpinannya Sloan yang diperankan dengan sangat pas oleh Morgan Freeman, dan selanjutnya ditempa menjadi pembunuh bayaran paling top, dipersiapkan untuk berhadapan dengan Cross, musuh The Fraternity paling lihai.

Plotnya cukup setia pada serial komik WANTED karya Mark Millar, walaupun bagi penyuka seri komik WANTED mungkin akan agak kecewa dalam artian karakter Wes dalam film masih kurang gelap dibandingkan Wes dalam komik, tokoh utama MARVEL yang anti hero.

Segi aksi dalam film keluaran Universal Pictures ini digarap cukup oke oleh Michael Brandt dan Derek Haas, karena pengalaman mereka menulis skenario untuk 3:10 to Yuma dan 2 Fast 2 Furious. Bekmbambetov sang sutradara berhasil memberikan visual eksyen yang sangat baik, menambah daya tarik untuk menonton juga film terdahulunya, The Night Watch dan The Day Watch.

Segi aktor? Kurang apa lagi akting James McAvoy yang sudah memerankan berbagai jenis karakter mulai dari yang lumpuh di Inside We're Dancing, agak fantastis sebagai mr. Tumnus di The Chronicles of Narnia, dan super romantis dalam The Atonement? Kurang aksi apa lagi Angelina Jolie, yang sebetulnya tampak terlalu ringkih untuk bisa menembakkan senjata kaliber besar seperti dalam film ini. Morgan Freeman sudah pernah jadi "tuhan" dalam Bruce Almighty dan Evan Almighty. Dan Common, perhatikan akting Common yang penyanyi RnB ini. Sudah dua kali ia muncul dalam porsi kecil yang serupa di film-film eksyen, sebelumnya ia muncul juga di Street Kings.


Dengan Danny Elfman pada musik pengiring, untuk film eksyen yang menghibur, Wanted layak mendapat 4 bintang!

No comments: