BLITZ MEGAPLEX Schedule Links

Monday, July 21, 2008

Smart People


Directed by: Noam Murro
Cast: Dennis Quaid, Sarah Jessica Parker, Ellen Page, Thomas Haden Church
Duration: 93 min

Kalau kamu suka jenis komedi cerdas menggigit seperti Gilmore Girls, Little Miss Sunshine, dan Juno, film ini akan pas buat kamu tonton.

Smart People berkisah tentang sebuah keluarga yang "berantakan" semenjak ditinggal mati oleh sang istri. Lawrence Wetherhold (Dennis Quaid) sang ayah, adalah seorang profesor di bidang sastra yang luar biasa cerdasnya, tapi tidak pandai bersosialisasi. Kedua anaknya, James (Ashton Holmes) dan Vanessa (Ellen Page), pun mewarisi kecerdasannya. James adalah penyair berbakat yang kuliah di Carnegie Mellon, dan Vanessa yang kelas 3 SMA bisa dibilang tangan kanan ayahnya yang bertanggung jawab mengatur rumah tangga sejak ibunya meninggal. Tidak seperti adiknya yang sangat mengidolakan sang ayah, James lebih memilih untuk menjauh dan tidak terlibat dengan keluarganya.

Suatu hari Lawrence jatuh pingsan akibat masalah tolol. Saat ia membuka mata yang dilihatnya adalah Carrie Bradshaw. Hehe, becanda... dalam film ini Sarah Jessica Parker berperan sebagai Janet Hartigan, dokter cantik bekas murid Lawrence, yang kemudian ditaksir oleh Lawrence. Pada saat yang bersamaan muncul Chuck (Thomas Haden Church), adik angkat Lawrence yang pengangguran, tukang bohong, dan secara garis besar "tukang numpang gak guna". Lawrence terpaksa menerimanya ke rumah keluarga Wetherhold karena ternyata ia membutuhkan bantuan Chuck untuk menyetirkan mobil. Dari sinilah "ketenangan" keluarga Wetherhold terusik. Keluarga itu harus belajar untuk beradaptasi, berinteraksi sosial dan juga beremosi secara normal.

Sebetulnya dari sudut cerita, Smart People masuk ke dalam kategori drama keluarga yang cukup menyentuh. Film ini masuk kategori komedi karena selain beberapa adegan yang lucu, dialognya tajam dan cerdas. Yang menarik, plot cerita film ini tidak terlalu mengada-ada. Kejadian di dalamnya cukup normal untuk bisa terjadi di dunia nyata. Tidak seperti Little Miss Sunshine, tidak ada tokoh yang ajaib dalam film ini, namun kelucuan tetap bisa muncul walaupun para tokohnya cukup normal dan nyata. Aktor - aktris yang berperan di dalamnya pun mampu menunjukkan dengan baik karakter tokoh yang dimainkannya tanpa harus beremosi secara berlebihan. Sesuatu yang masih sulit dicapai oleh film komedi di Indonesia.

No comments: